Perjuangan 11 Jalur Inhu Diantara 38 Jalur Kuansing  Menuju Hari Final

Perjuangan 11 Jalur Inhu Diantara 38 Jalur Kuansing  Menuju Hari Final
Pacu Jalur hari ketiga

 

TELUK KUANTAN -   Pacu Jalur Tradisional Event Narosa 2023 hari ketiga Jumat ( 25/8/23) menyuguhkan laga seru. Sebagjan besar hilir perpacuan  antar Jalur dalam istilah lokal saling ' manjujuik' mendahului dari pancang star hingga finish.

Tak ayal banyak hilir membuat jantung  pendukung dan penonton yang menyaksikan berdebar tak karuan. Akibatnya hasil pacu hari ketiga banyak dilakukan lewat layar monitor karena saat haluan kedua jalur menyentuh garis finish kondisinya setipis kulit bawang.

Tak ayal saat dewan hakim mengumumkan pemenang jalur yang berpacu dengan seru itu para pendukung jalur ada yang menangis haru. Baik yang menang maupun yang kalah. 

" Hari ketiga banyak hilir yang seru,"ujar Andri salah seorang penonton

Lewat pacu yang sengit dan seru itu, 11 Jalur asal kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) berhasil melaju kehari keempat. Mantan Bupati Inhu Yopi Arianto turu menyaksikan pacu hari ketiga lolosnya 11 Jalur asal Inhu.

Perjuangan 11 Jalur itu dalam pacu hari keempat, Sabtu ( 26/8/23 ) akan menentukan kiprah Jalur asal negeri berjuluk Gerbang Sari pada hari final ( kelima ) yang akan digelar Minggu ( 27/8/23 ). Pacu hari keempat akan digelar dua putaran. 

Jika mereka “ruruik  batandan” atau semua kalah pada dua putaran itu hari keempat ini otomatis tidak wakil Inhu dihari final. Penonton menginginkan wakil Inhu ada di hari final karena menambah seru suasana pacu. 

Walaupun sempat  redup beberapa tahun, namun dua tahun belakangan kekuatan jalur asal Inhu menanjak naik. Bahkan  tahun 2022 lalu Jalur Tuah Keramat Sialang Soko dari berhasil menjadi juara. Sedangkan Tuah Keramat Bukit Embun berhasil meraih juara ketiga di Tepian Narosa. Sang mahkota juara itu tentu akan dipertahakan.

11 jalur Inhu yang melajur kehari keempat juga berhadapan dengan jalur kuat asal Kuansingg pada putara pertama. Jalur Putri Bungsu Sialang Puako jalan sebelah kanan berhadapan dengan Jalur Linggar Jati. Jalur Tuah Kalajengking Muda Indragiri jalan sebelah kiri berhadapan dengan Jalur Tuah Inayan Mandulang Untuang .

Jalur Olang Buas jalan sebelah kanan behradapan dengan Jalur Dubalang Panghuku Rajo. Jalur Tuah Keramat Sungai Mengkuang akan berhadapan sesama jaur asal Inhu yakni Batu Hijau Tuah Negeri. Tuah Keramat Sialang Soko jalan sebelah kanan akan berhadap dengan Jalur Siposan Rimbo.

Jalur Tuah Ratu Panglimo Nago jalan sebelah kiri berhadapan dengan Jalur Palimo Olang Putie. Jalur Meriam Keramat Ghaje Bujang jalan sebelah kanan berhadapan dengan Jalur Upae Saghok R-mbo Dusun. Jalur Tanjung  Ghasau Benteng Batuah jalan sebelah kanan berhadapan dengan Jalur Pendekar Panjang Bukik Siguntur.  Jalur Sikocik Malik Sitampan Gagah jalan sebelah kanan akan berhadapan dengan jalur Sijontiak Lawik Pulau Tanamo.( isa )

 

 

 

Berita Lainnya

Index